Sunday, 3 February 2013

[4 Februari 2013] HAPPY BIRTHDAY FACEBOOK!


@gambar-yang.blogspot.com


Siapa yang tidak tahu facebook? Saya rasa hampir semua orang memiliki akun di facebook atau setidaknya hampir semua orang di muka bumi ini pernah tahu dan pernah mendengar facebook. Tahukah anda bahwasanya Facebook telah memasuki usia nya ke-9, tepat pada hari ini ; 4 Februari 2013. Hal ini patut di-apresiasi mengingat jejaring sosial no 1 di dunia ini telah banyak berkontribusi di dunia social network sampai saat ini. Bahkan tidak bisa dipungkiri, rupanya facebook ini sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat zaman sekarang. Dan tentunya facebook telah diakui sangat berdampak bagi kehidupan banyak orang.


Sedikit kutipan dari wikipedia :

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman se-kamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.

Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.

Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.



@gambar-yang.blogspot.com
Facebook Homepage

Dan inilah beberapa catatan penting yang sudah terangkum oleh topSpot, berkaitan dengan perkembangan dan terobosan-terobosan yang terjadi sepanjang sejarah facebook :

  • 4 Februari 2004, Facebook pertama kali diluncurkan, saat itu namanya masih thefacebook.com. Ruang lingkupnya masih sebatas kampus Harvard, tempat Mark Zuckerberg menimba ilmu. 
  • September 2004, Diperkenalkan aplikasi Tembok Facebook (Facebook Wall), aplikasi untuk pengguna untuk mengirim pesan ke teman-teman mereka. 
  • 2004, Thefacebook mulai diperluas ke perguruan tinggi dan universitas di seluruh Amerika. 
  • 30 Desember 2004, Belum genap setahun, keanggotaan Facebook telah mencapai 1 juta orang. 
  • 2004, Mencatat pendapatan sekitar US$ 382 ribu. 
  • Mei 2005, Berhasil mendukung lebih dari 800 jaringan perguruan tinggi.
  • September 2005, Meluaskan jaringan ke sekolah lanjut atas (SMA), tidak hanya perguruan tinggi.
  • Oktober 2005, Diperkenalkan foto dalam laman Facebook.
  • 2005, Mencatat pendapatan US$ 9 juta. 
  • 1 Oktober 2005, Mulai berekspansi secara internasional. Situs jejaring sosial ini mulai hadir di Inggris, Irlandia, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. 
  • April 2006, Meluncurkan facebook via telepon genggam Facebook Mobile. 
  • Mei 2006, Perluasan ketersediaan Facebook ke jaringan tempat kerja. 
  • September 2006, dibuka pendaftaran secara luas; diperkenalkan News Feed. 
  • November 2006, Melakukan mitra dengan lebih 20 situs. 
  • 2006, Mencatat pendapatan US$ 48 juta.
  • Mei 2007, Facebook membuka platform yang memungkinkan para pengembang untuk memasukkan permainan (game). 
  • November 2007, Platform iklan dan Facebook Pages diluncurkan. 
  • 2007, Mencatat pendapatan US$ 153 juta. 
  • April 2008, Diperkenalkan Facebook Chat bagi pengguna untuk melakukan obrolan.  
  • 2008, Memperluas penggunaan bahasa menjadi 23 bahasa, termasuk Prancis, Jerman, dan Spanyol. 
  • 2008, Mencatat pendapatan US$ 272 juta. 
  • Februari 2009, Diperkenalkan tombol "Like". 
  • Mei 2009, Diluncurkan Pembayaran melalui Facebook. 
  • 2009, Mencatat pendapatan $ 777 juta. 
  • April 2010, Diperkenalkan Grafik API, yag betujuan mengintegrasikan Facebook dengan aplikasi lain. 
  • Oktober 2010, Diluncurkan Facebook "group". 
  • 2010, Mencatat pendapatan US$ 1,9 miliar. 
  • September 2011,Diperkenalkan facebook Timeline. 
  • 2011, Mencatat pendapatan US$ 3,7 miliar. 
  • 2012, Facebook melakukan penjualan saham perdananya (IPO). Facebook.com, Rabu kemarin mengajukan data persyaratannya untuk melakukan penawaran perdana (IPO) senilai US$ 5 miliar, setara Rp 45 triliun, dengan kurs Rp 9.000 per dolar. Bila terlaksana, ini akan menjadi IPO terbesar sepanjang sejarah untuk saham sebuah perusahaan berbasis Internet.
  • 2013, Di-isukan akan mengaplikasikan threaded comment pada form komentar nya.




Related Links :





ALL CREDITS GO TO WIKIPEDIA AND FACEBOOK