Sunday 20 January 2013

Cara Menyimpan Foto Instagram di Dropbox Secara Otomatis


Anda memiliki akun instagram dan dropbox? Ada kabar baik untuk anda, karena saat ini anda sudah bisa menyimpan foto-foto instagram anda di dropbox hanya dengan cara yang singkat dan tentunya otomatis. Bagi yang belum memiliki akun instagram dan dropbox, bisa anda dapatkan disini dan disini, dengan terlebih dahulu mendaftar.

Sejak kemunculannya di platform android beberapa bulan lalu, instagram memperoleh popularitas yang semakin tinggi. Jutaan pengguna handphone dan tablet android beramai-ramai menggunakan aplikasi edit foto tersebut. Di sisi lain, layanan penyimpanan awan (cloud storage) kini juga tengah populer. Dari sekian banyak pilihan, dropbox adalah salah satu layanan yang paling banyak dipakai dan diminati. Dan, menggunakan jasa IFTTT, anda bisa menghubungkan (sinkron) antara aplikasi instagram dengan dropbox atau dengan layanan penyimpanan lainnya.

Dengan melakukan hal ini, anda bisa dengan mudah menyimpan foto instagram anda ke layanan penyimpanan awan (cloud storage) khususnya dropbox, tanpa harus mengunduh ataupun mengupload terlebih dahulu. Dengan menghubungkan kedua aplikasi tersebut, anda bisa menyimpan foto instagram anda secara otomatis ke dropbox.


@gambar-yang.blogspot.com



Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan :

  • Langkah pertama adalah anda harus memiliki akun IFTTT. Jika belum memiliki nya, anda bisa langsung registrasi di halaman situs tersebut.
  • Setelah mendaftar, login ke akun IFTTT anda. Pada dashboard IFTTT, anda bisa langsung mengaktifkan dua layanan, yakni dropbox dan instagram.
  • Biarkan IFTTT mengakses serta mengaktifkan akun dropbox dan instagram anda.
  • Setelah itu, klik pada tab 'Recipes', dan pilih dua layanan (instagram dan dropbox). Selanjutnya, atur URL foto yang menjadi sumber file di instagram sehingga dapat disimpan di dropbox.

@gambar-yang.blogspot.com

  • Jika langkah di atas telah anda lakukan dengan benar, maka file instagram anda akan secara langsung terdownload dan disimpan di dropbox. Yang perlu diperhatikan dalam memakai jasa layanan ini; anda hanya mampu mengirim data sebesar 30 MB untuk sekali proses. Mudah bukan!