Monday 18 February 2013

Bahasa Bali Menjadi Pilihan Dan Layanan Bahasa Baru Di Google


Halo sobat-sobat topSpot! Kali ini topSpot akan membahas sebuah topik yang cukup hangat diperbincangkan saat ini di berbagai sosial media menyangkut feature terbaru dari google yaitu feature bahasa. Sebelumnya, saya ingin tahu 'apa yang sobat tampilkan pada default homepage di browser sobat?' Google kah? Blogger kah? Kaskus kah? Facebook kah? Twitter kah? Atau mungkin add-ons Fast Dial kah? Atau bahkan mungkin Blank Page kah? Ya, whatever lah..apapun yang ingin sobat tampilkan, tentunya itu adalah hak sobat. Kalau saya sendiri, sudah pasti memajang Google untuk settingan default homepage browser saya. Alasannya ; yaa karena sudah terbiasa dari dulu memulai aktivitas online pasti selalu dari Google.

Nah, kenapa saya kok jadi membicarakan default homepage? Inilah motivasi dari postingan ini. Berawal dari memajang Google untuk default homepage saya, alhasil sedikit banyak perkembangan mengenai search engine terbesar di dunia itu bisa cepat saya ketahui walau hanya melihat dan mengunjungi homepage nya saja. Semisal ; ketika ada event atau momen tertentu yang patut diperingati, maka Google akan membuat Google Doodles. Dan menariknya, baru-baru ini Google kembali memberikan semacam 'penghargaan' kepada Indonesia dengan menambah pilihan bahasa asli dari Indonesia dan ditampilkan di homepage Google yaitu bahasa Bali. Wow, so THANKS TO GOOGLE! :)

Seperti kita ketahui, sebetulnya sebelum bahasa Bali ini muncul untuk pilihan bahasa di google.co.id (Google Indonesia), sudah ada bahasa asli dari Indonesia yang muncul lebih dahulu yaitu bahasa Jawa (ditulis: Basa Jawa). Kemudian setelah ditambahkan nya bahasa Bali dalam perbendaharaan pilihan bahasa nya, tentunya menjadi semakin menarik. Mengingat bahasa Bali ini adalah bahasa dari Indonesia, sudah pasti dong kita sebagai orang Indonesia akan sangat berbangga dengan hal ini. So bravo untuk Bali, bravo untuk Indonesia!



Inilah penampakan (screenshot) yang bisa sobat lihat ketika membuka google khususnya google.co.id (Google Indonesia) :

@gambar-yang.blogspot.com



Dan inilah penampakan (screenshot) yang bisa sobat lihat ketika memilih bahasa bali setelah membuka google.co.id (Google Indonesia) :

@gambar-yang.blogspot.com



Ketika sobat memilih bahasa Bali (Basa Bali) pada saat membuka google.co.id, sobat akan melihat perubahan bahasa dari yang sebelumnya sobat gunakan menjadi benar-benar full bahasa Bali. Hanya memang opsi menu navigasi di bagian atas jadi berkurang. Menarik bukan?! Ini adalah hal yang patut diapresiasi seluruh warga Indonesia, karena dengan cara seperti ini, bahasa-bahasa asli dari Indonesia akan semakin cepat dikenal oleh dunia.

Btw melihat prestasi seperti ini, saya jadi berharap banyak, bahasa suku saya (bahasa Batak) suatu saat bisa mejeng di search engine terbesar di dunia ini. Hehe kenapa tidak?! Saya percaya segala sesuatu berawal dari hal kecil dulu. Begitu juga untuk bahasa-bahasa daerah sobat bukan! Jadi jika ingin seperti ini, mari kita sama-sama melestarikan budaya dan bahasa kita masing-masing baik secara langsung maupun online supaya lebih diapresiasi oleh siapapun. Karena kalau sudah dikenal banyak orang, bukan tidak mungkin akan muncul penerapan bahasa-bahasa kita di berbagai search engine yang ada.


CATATAN :
  • Penambahan bahasa Bali dalam laman pencarian Google Indonesia ini merupakan hasil kerja sama antara Yayasan Dwijendra bersama BASAbali.org. Sebanyak 45 mahasiswa beserta ahli bahasa dari Universitas Udayana, Yayasan Dwijenda, serta Balai Bahasa membantu penyelenggaraan acara penerjemahan ini.
  • Dengan ditambahkannya pilihan bahasa Bali dalam laman mesin pencari, diharapkan pengguna internet yang menggunakan bahasa Bali dapat lebih terbantu untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan secara cepat dan fleksibel.
  • Keputusan untuk menambahkan bahasa Bali dalam laman mesin pencari Google Indonesia ini karena bahasa Bali merupakan bahasa daerah kedua yang didukung di Indonesia setelah bahasa Jawa.


SEMOGA BERMANFAAT.. SALAM OLAHRAGA!