Monday 25 February 2013

Memonitor Pengunjung Blog/Website dengan Visit Streamer


@gambar-yang.blogspot.com


Saya rasa semua orang yang memiliki blog atau website atau dan sejenisnya, pasti ingin tahu apa saja aktivitas pengunjung/visitor yang mampir di blog atau website nya? Begitu juga dengan saya! Dan hal inilah yang membuat saya penasaran untuk mencari program yang bisa memantau dan memonitor setiap aktivitas pengunjung di blog topSpot ini. Sampai akhirnya saya menemukan sebuah program yang menurut saya sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan saya ini, yaitu Visit Streamer. Visit Streamer merupakan sebuah program yang terintegrasi dengan google account, yang dimana memiliki banyak feature untuk memenuhi kebutuhan sobat dalam memantau aktivitas dan jumlah pengunjung blog/website sobat setiap harinya.

Sebetulnya sudah ada program untuk memonitor pengunjung yang saya rasa banyak digunakan oleh blogger-blogger, yaitu Google Analytics. Tapi disini saya memperkenalkan program baru yang tidak kalah bagusnya dengan google analytics tersebut. Sobat perlu mempertimbangkan program ini, karena saya sendiri sudah menggunakan nya lebih dari 2 bulan, dan hasilnya cukup memuaskan. Adapun feature khusus yang ditawarkan visit streamer ini diantaranya ; See what is happening, Setup in minutes, Customize for your needs, Free to start. Dengan adanya feature-feature ini, sobat akan lebih mudah dan nyaman melacak setiap aktivitas yang ada di blog sobat.

Kelebihan lain yang dimiliki program ini dari program-program monitor pengunjung lainnya seperti ; feedjit, flag counter, statscounter, histats, dsb.. adalah pemasangannya yang tidak memakan tempat, karena sobat hanya perlu memasang script pada gadget atau widget html/javascript blog sobat. Menariknya lagi, sama halnya dengan program google analytics, program ini juga tidak akan kelihatan (tidak berwujud widget) setelah sobat memasang script yang diberikan visit streamer untuk dipasang di blog sobat. Visit streamer akan bekerja dengan sendiri nya dan tidak terlalu memberatkan performa blog. Bisa saya pastikan, program visit streamer ini sedikit lebih ringan daripada google analytics.


Langsung saja ke langkah-langkah nya :

  • Pertama, yang mesti sobat buka tentunya Visit Streamer.
  • Kemudian untuk mengakses visit streamer ini, sobat hanya perlu sign up dengan menggunakan email google/gmail.
  • Setelah masuk, ikuti instruksi dan petunjuk registrasi ; masukkan title blog, masukkan url blog dengan benar, pilih feature free, dsb.
  • Langkah terakhir, copy kode yang diberikan dan letakkan kode tersebut di blog sobat dengan menambahkan gadget html/javascript atau bisa juga dengan meletakkan nya di atas </body> pada template sobat.
  • Akun visit streamer sobat sudah selesai dibuat dan script nya sudah aktif. Dengan begitu, setiap harinya sobat sudah bisa memantau, melacak, dan mengetahui semua aktivitas yang ada di blog sobat.


Biar lebih afdol, disini saya akan mempresentasikan hasil dari monitoring dan pelacakan yang dilakukan oleh visit streamer untuk blog topSpot ini :


@gambar-yang.blogspot.com
( Klik untuk memperbesar gambar )

@gambar-yang.blogspot.com
( Klik untuk memperbesar gambar )

Keterangan gambar hasil pelacakan visit streamer di atas :
Pada gambar di atas, sobat bisa melihat begitu lengkap nya informasi mengenai traffic dan aktifitas pengunjung di blog ini. Mulai dari jumlah pengunjung yang aktif, jumlah halaman yang dilihat, jumlah pageview per jam, jumlah pageview per 5 menit, halaman apa saja yang dikunjungi per IP atau yang berbeda IP, dan berapa menit atau detik pengunjung berada di blog ini. Bahkan kita bisa tahu darimana pengunjung datang sebelum mengunjungi blog kita. Seperti yang sobat lihat di atas ada terdaftar ; google.com, iplama.com, sitenable.com, www7.cbox.ws << itu berarti dari situlah pengunjung datang sebelum memasuki blog topSpot ini. Bukan hanya itu, informasi detail mengenai ; IP, lokasi dan negara pengunjung, dan browser yang digunakan pengunjung/visitor pun sangat akurat diperlihatkan.

CATATAN TAMBAHAN :
@gambar-yang.blogspot.com
( Klik untuk memperbesar gambar )
  • Selidik demi selidik, setelah saya pantau ternyata aktivitas yang dilakukan oleh visit streamer ini untuk blog saya terekam oleh google seperti penampakan yang bisa sobat lihat di sebelah kanan ini. Padahal seingat saya, saya tidak pernah memasukkan text 'visitstreamer' atau link 'visitstreamer' atau dan sejenisnya baik di homepage maupun di postingan blog ini sebelumnya, tapi secara ajaib bisa terekam oleh google. Gambar di sebelah kanan tersebut saya dapatkan di google dengan kata kunci 'visit streamer'.
  • Artikel atau bahasan mengenai visitstreamer berbahasa indonesia hanya akan sobat dapatkan di blog ini, karena saya sudah cari-cari review mengenai program ini belum dapet sampai sekarang. Jadi pergunakanlah sebaik-baiknya.
  • Kalau kata pepatah "tidak ada kata untuk terlambat", hehe jadi jika sobat belum pernah sama sekali memakai visitstreamer ini, saya sarankan gunakanlah sekarang juga. Karena memang manfaat yang bisa didapat sangat banyak sekali khususnya untuk memonitor dan melacak aktivitas pengunjung/visitor blog sobat.


SELAMAT MENCOBA DAN SALAM OLAHRAGA!